Bandwidth

Biasanya untuk koneksi ke Internet di kantor Rudi menggunakan Leased Line (Saluran Sewa)terkadang Rudi berfikir kenapa di waktu-waktu tertentu untuk melakukan access suatu sistus web mail geratisan saja kecepatannya kalah dibanding dengan dial-up biasanya pada malam hari.padahal leased line yang dipakai memiliki bandwith 64 kbps, baik untuk upstream ataupun downstream.Kenapa seperti itu?

Wajar saja Rudi bingung dengan kecepatan koneksi internetnya yang tak sesuai dengan bandwith yang dilanggannya itu.Padahal sesuai dengan iklan penawaran lease line yang di lihat,secara teoritis kecepatan akan lebih cepat dan akan lebih stabil dibandingkan dengan dial-up biasa. Namun mengapa suatu saat tertentu kecepatan koneksinya kadang lebih lambat dari pada dial-up?ya dikarenakan selain adanya konsep bandwith, terdapat juga suatu konsep yang lain yang mempengaruhi suatu kecepatan aliran data dalam suatu jaringan yaitu di sebut throughput.

Bandwith



Seperti yang kita ketahui, bandwith paling banyak digunakan sebagai ukuran kecepatan aliran data. Namun apakah itu bandwith yang sebenarnya? Bandwith adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ketempat yang lainnya dalam suatu waktu tertentu.Bandwith juga dapat mengukur aliran data analog maupun aliran digital. Sekarang sudah umum jika kata bandwith lebih banyak dipakai untuk mengukur aliran data digital.

Satuan yang dipakai oleh bandwith ada bits per second yang sering disingkat atau kita ketahui sebagai bps. seperti yang kita ketahui bahwa bit atau binary digit adalah basis angka yang terdiri dari angka 0 dan 1. yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lainnya dalam setiap detik melalui suatumedia tertentu.

Untuk memahami bandwith, pikirkan tentang berbagai macam jalan raya, baik jalan raya tol ataupun by-pass, hingga jalan raya kampung.Jalan tol adalah jalan yang lebar dan mulus, sehingga mobil yang lewat permenitnya jauh lebih banyak dibandingkan jalan raya by-pass,begitu pula dengan jalan-jalan yang lainya.Lebar jalan bisa disamakan dengan bandwith,mulus atau tidaknya jalan bisa disamakan dengan kualitas saluran transmisi, dan mobil yang lewat diatasnya bisa disamakan dengan informasi yang mengalir.bisa anda lihat semakin lebar jalan maka semakin banyak mobil bisa lewat dalam satu waktu dengan kecepatan yang maksimal.

Bandwith adalah suatu konsep pengukuran yang sangat penting dalam jaringan, tetapi konsep ini memiliki kekurangan atau batasan, tidak peduli bagaimana cara anda mengirim informasi maupun media apa yang dipakai dalam pengantaran informasi.

2 komentar:

  echo djoe

2 Juli 2008 pukul 04.04

pintar juga

  Santri Eldahmax

2 Oktober 2008 pukul 01.00

makasih ya tas ilmuna... hidup orang dermayu!